WOW! Itu merupakan respon yang biasa terjadi mendengar
berita kalau Yahoo membeli Tumblr dengan nilai 1.1 miliar USD atau
mendekati sekitar 11 triliun rupiah. Sungguh berani langkah yang diambil
Yahoo dengan CEOnya sekarang Marissa Mayer yang memberi penilaian
begitu besar pada suatu perusahaan platform blog yang sedang populer
saat ini.
Tumblr memang sangat hot sekarang ini dengan jumlah 108 juta blog
dengan total 50.7 miliar posting yang memang merupakan angka fenomenal
melihat umur Tumblr maupun pendirinya yang masih sama-sama muda. Tumblr
masih berumur 6 tahun (lahir tahun 2007) sedangkan pendirinya David Karp
masih berumur 26 tahun saat ini. Kalau dilihat dari sisi demografi
audiens Tumblr, mereka berhasil menjangkau 44 juta orang di Amerika dan
134 juta orang di seluruh dunia, sedangkan ranking Alexa global dari
Tumblr berada pada ranking 32 saat ini, fantastik kan!
Tapi kalau melihat sisi monetisasi Tumblr bisa kita lihat bahwa
perusahaan ini masih “hijau” dalam pendapatan, dibanding pengeluaran
operasional dan besaran investasi yang telah didapat, Tumblr baru bisa
mendapatkan penghasilan sebesar 13 juta USD di tahun 2012. Bahkan Sir
Richard Branson pemilik Virgin juga sudah ikut-ikutan berinvestasi di
perusahaan blog terkeren saat ini.
Rencana hari Senin ini, pembelian Tumblr yang sudah mendapat restu
dewan direksi Yahoo ini akan diumumkan resmi. Strategi pembelian ini
merupakan langkah yang dianggap penting oleh Yahoo untuk menjangkau
audiens anak muda yang mulai merasa Yahoo sudah menjadi “kuno dan tua”
yang dianggap penting oleh Marissa Mayer untuk membawa Yahoo sukses di
masa depan.
Walau informasi ini belum dikonfirmasi, tapi hampir dapat dipastikan
bahwa acara Yahoo yang akan mengumumkan hal sangat penting hari Senin
ini adalah terkait pembelian Tumblr.
Tapi langkah Yahoo saat ini dirasa seperti “de javu” alias mengulang
kesalahan Yahoo saat membeli Geocities di tahun 1999 di mana saat itu
Geocities merupakan platform pembuat website gratis yang sangat populer
di dunia dan Yahoo membeli dengan nilai 3.57 miliar USD namun setelah
itu di tahun 2009 Geocities pun ditutup, dan uang yang dikeluarkan Yahoo
untuk membeli pun tidak “kembali” karena Geocities tidak berhasil
memonetisasi audiens-nya yang sangat besar. Sama halnya dengan Tumblr
saat ini, walau audiensnya sangat besar tapi masih bergulat dalam urusan
monetisasi.
Apakah langkah Yahoo ini akan menjadi kesalahan terbesar Marissa
Mayer atau justru keputusan brilian strategis kita belum tahu, karena
keputusan-keputusan setelah pembelian ini lah yang lebih penting.
Terlebih infonya Tumblr diberi independensi sehingga Yahoo akan memberi
kebebasan untuk mengambil keputusan dan mengembangkan diri bagi Tumblr,
sama halnya seperti Instagram yang dibeli Facebook dengan nilai 1 miliar
USD saat ini masih terus berkembang karena Facebook memberi keleluasan
bagi pendiri Instagram untuk terus memiliki kebebasan dalam
mengembangkan aplikasi foto terpopuler tersebut.
Semoga dengan keahlian & pengalaman Yahoo dalam “advertising”
bisa membuat Tumblr memanfaatkan maksimal audiens dan trafiknya,
sedangkan Tumblr diharapkan dapat menyuntikkan kreativitas, inovasi dan
unsur coolness ke dalam Yahoo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar