Rabu, 22 Mei 2013

Indonesia Berhasil Menangi Kompetisi Robot di Amerika

 Berita yang membanggakan hadir dari karya tangan berbagai jenis robot ciptaan dari 11 mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung dan Politeknik Negeri Bandung (Polban). Kesebelas orang tersebut telah berhasil mewakili Indonesia berlaga di ajang kompetisi robot kelas dunia di Amerika.
Pada ajang Fire Fighting Home Robot Contest, yang digelar pada 7-9 April 2013 di kampus Trinity College, Hartford - Connecticut ketiga tim dari tiga kampus di Indonesia ini masing-masing berhasil menyabet 2 emas, 1 perak dan 1 perunggu untuk UGM, 1 emas dan 1 perak untuk Unikom, dan 1 emas dan 1 perunggu untuk Polban. Kemudian pada ajang RoboGames Robolympics terbesar di dunia yang digelar di San Mateo, San Francisco 19-21 April 2013 lalu, tim mahasiswa dari UGM mengantongi 2 emas dan satu perak.
Sedangkan Tim Unikom berhasil mengantongi 2 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Robot bernilai puluhan juta rupiah ini kemudian dipresentasikan di depan para juri. Ketiga robot yang mengagumkan itu adalah robot yang dapat membuka kulkas dan menjamu makanan pada orang cacat, robot yang sanggup menjadi petugas pemadam kebakaran, dan robot yang sanggup memanjat (elevator) dari bawah ke atas dalam dunia luar angkasa. Ketiga robot ini tampil prima ketika di uji dan berhasil melewati tantangan tanpa masalah, dan tidak ada kesalahan perintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar